Bahaya Sampah yang Sangat Fatal di Lautan

Berbicara soal sampah memang tidak akan pernah ada habisnya. Yang namanya sampah memang sudah seperti sebuah keniscayaan bahwa akan terus ada selama manusia itu ada. Sampah nyatanya memang kebanyakan dihasilkan dari bekas aktifitas sehari – hari manusia.

Untuk soal sampah, memang tidak hanya di daratan saja yang masih dipenuhi oleh yang namanya sampah. Di lautan pun sampah sudah sangat banyak dan kabar buruknya, negara kita masuk ke dalam daftar negara paling banyak menghasilkan sampah.

Jelas hal ini sangat tidak mengenakkan. Berikut ini adalah dampak yang sangat berbahaya apabila ada sampah yang dibuang ke lautan atau tidak ke dalam tempat sampah stainless:

  1. Mengganggu keseimbangan nutrien di lautan

Adanya mikroplastik dan juga serpihan plastik yang ukurannya sangat kecil yang berkisaran 5 mm tentu akan membuat yang namanya nutrien yang ada di lautan jadi tidak seimbang.

Mikroplastik ini bisa menjadi sebuah ancaman besar karena dapat menjadi pengumpan untuk ikan paus dan juga manta ray.

Padahal taukah kamu bahwa ikan paus dan manta ray tersebut memiliki peranan sangat penting di lautan. Setiap pergerakannya nanti akan menyerap air dalam jumlah besar, lalu disaring, lalu akan mengeluarkan nutrien untuk banyak hewan laut lainnya.

Adanya sampah plastik bisa membuat ikan paus dan manta ray malah menjadi keracunan. Dan bahkan bisa mati.

  1. Mengancam keselamatan hewan bawah laut

Untuk hal yang satu ini sudah tidak perlu di tanyakan lagi, karena foto hewan – hewan laut yang terkena dampak dari sampah plastik mulai dari penyu terlilit, ikan menelan sampah, burung tersangkut plastik, dll banyak kita temui fotonya di google.

  1. Terumbu karang bisa rusak

Jika hewan laut saja yang bergerak bisa rusak dan banyak mati karena sampah plastik. Maka sudah jelas terumbu karang yang diam, yang tadinya terlihat indah pun ujung – ujungnya pasti akan rusak juga.

Padahal terumbu karang adalah tempat bagi banyak ikan – ikan kecil. Makanya jika terumbu karang rusak pasti akan banyak ikan juga yang akan mati.

Itu lah dampak buruk yang harus dipertanggung jawabkan apabila sampah sampai masuk ke lautan. Banyak kerusakan yang bisa ditimbulkan. Jika sudah begini lalu yang disalahkan siapa ?